Terbaru

Tipe-Tipe/Jenis Motor Satu Fasa

 

Tipe-Tipe Motor Satu Fasa

bismillah, baiklah pada tulisan kali ini kita akan membahas beberapa tipe dari motor satu fasa. adapun tipe-tipe motor satu fasa adalah sebagai berikut :


1.  Motor Shaded Pole

Pada jenis motor ini selain kutub-kutubnya digulung juga setengah dari kutubnya diberi cincin yang tebal sehingga merupakan kumparan Bantu. Pada saat fluks dalam inti kutubnya naik induksi akan terjadi dan pada cincin akan terjadi arus mengalir. Arus ini akan membangkitkan fluks di bagian yang bercincin yang ketinggalan. Perubahan ini mengakibatkan kuat kutub berpindah tempat dari bagian yang tidak bercincin ke bagian yang bercincin secara berkala (periodik) sehingga menimbulkan momen kopel yang lemah pada bagian kutub yang bercincin. Sehingga kutub-kutub yang tidak bercincin akan menghasilkan momen kopel yang berlawanan yang akhirnya motor berputar.


2. Motor Splet Phasa

Pada stator motor ini terdapat dua gulungan yaitu gulungan utama dan gulungan bantu. Kumparan utama dibuat dari kawat yang lebih besar daripada kawat untuk kumparan bantuannya. Hal ini akan memberikan induktansi yang tinggi dan tahanan yang rendah. Kumparan bantu dibuat dari kawat yang lebih kecil dan dipasang diatas kumparan utama. 


3.    Motor Capasitor

Motor capasitor dibuat umumnya sama seperti motor splet phasa, perbedaan yang pokok pada motor capasitor menggunakan kondensator. Jenis motor ini lebih popular dibanding dengan motor 1 phasa lainnya karena motor capasitor lebih tahan lama.

4.    Motor Capasitor Type I

Motor ini mempunyai kondensator yang dihubungkan deret dengan kumparan Bantu tanpa sakelar sentrifugal. Jadi motor ini pada saat dialiri arus kumparan Bantu, kondensator bersama-sama dengan kumparan utama menerima aliran arus tersebut. Hasil kompensasi kumparan Bantu dengan kondensator ternyata sudut fasa tidak begitu tepat 90° listrik.


5.    Motor Capasitor Type II

Motor ini dilengkapi dengan sakelar sentrifugal yang dihubungkan deret dengan kumparan Bantu dan kondensator. Saklar sentrifugal akan memutuskan kumparan Bantu dan kondensator pada saat putaran mencapai penuh (75%).

6.    Motor Capasitor Type III

Motor ini mempunyai dua buah kondensator yang kedua condensatornya bekerja sewaktu star. Akan tetapi, setelah motor berputar hampir mencapi putaran penuh salah satu dari kondensator diputuskan oleh sakelar sentrifugal. Hal ini akan membuat sudut antara fasa kumparan Bantu dan utama pada saat star  90°  listrik. Sewaktu berputar motor hanya dengan satu kondensator yang terhubung akan tetapi garis-garis gaya tetap mempunyai perbedaan sudut 90° satu sama lainnya. Selama berputar garis-garis gaya rotor dan garis-garis gaya kumparan Bantu merupakan suatu kombinasi untuk membuat garis-garis gaya dengan pembuatan yang sama terhadap garis-garis gaya kumparan utama. Dan kedua garis gaya tersebut tetap mempunyai perbedaan sudut 90°  terhadap satu sama lainnya.







Tidak ada komentar