Terbaru

Tungku Pembakaran Pada Produksi Pupuk Organik


Pengertian Tungku Pemanasan

tungku pembakaran
Gambar. tungku pembakaran
Seperti namanaya tungku pemanasan, adalah tempat pemanasan yang berpungsi untuk memanaskan bahan material di PT.SSA tungku pemanasan ini di gunakan untuk memanaskan material pupuk organik.

Sistem Kerja Tungku Pemanasan
Tungku pemanasan. Di tungku pemanasan terdapat satu motor 3 phasa dengan tenaga 45hp
Atau 30 kw. Yang berpungsi sebagai kipas. Kipas berpengsi untuk membesarkan api sekaligus untuk mendorong udara panas untuk memasuki drum drayer untuk memenaskan bahan pupuk organik, Letak motor 3phasa / kipas tersebut berada tepat di samping tungku tersebut.
blower pada tungku pembakaran


Gambar. blower pada tungku pembakaran

Cara kerja tungku pemanasan, masukkan kayu atau bahan bakar lainnya hidupkan api pada bahan bakar tersebut, kipas akan membantu untuk membesarkan api dan mendorong uap panas untuk memasuki drum drayer untuk memanaskan pupuk organik dan asap akan langsung kecorong pembuangan.

Rangkaian Tungku Pembakaran
Untuk menyalakan kipas pada tungku pemanasan, di perlukan sebuah motor 3phasa dan tentunya rangkaian star delta. Dalam rangkaian ini diguanakan sebuah TDR agar dapat mengatur perubahan perputaran motor dari putaran star ke putaran delta.

rangkaian pengendali blower pada tungku pemanasan

Gambar. rangkaian pengendali blower pada tungku pemanasan
Cara kerja rangkaian star delta adalah dengan menekan tombaol S2, kontaktor K1 akan bekerja dan mengunci. Kontaktor K1 menghubungkan motor dalam hubungan Y dan relay penunda waktu K2, kontaktor K3 pada jala-jala. Kontaktor K3 mengunci setelah waktu tunda K2 tercapai, maka arus listrik lilitan K1 terputusdan hubungan Y motor terlepas. Pada waktu kontaktor K1 terputus, sekaligus akan menghubungkan kontaktor K4. Motor beroperasi dalam hubungan segitiga. Dengan menekan tombol S1 bekerjanya relay arus lebih F5, maka kontaktor akan terputus dan motor terpisah dari tegangan jala-jala.










Tidak ada komentar